Sejarah Orang Maluku di Belanda 

KNIL Ambon
Pada 1951, sekitar 12.500 Maluku diangkut dari Jawa ke Belanda. Mereka sebagian besar prajurit yang telah bertugas di tentara kolonial Belanda (KNIL), dan anggota keluarganya. Setelah penyerahan kedaulatan dan pembubaran KNIL, pihak Indonesia, Belanda dan tentara Maluku tidak dapat mencapai kesepakatan mengenai demobilisasi mereka. Akhirnya, diputuskan untuk memindahkan tentara Maluku sementara ke Belanda. Ternyata bagi sebagain mereka sangat tidak mungkin untuk kembali ke Indonesia.
Maluku terkenal dengan kakayaan rempah-rempahnya dan menjadi produk ekspor maluku selama berabad-abad, namunSetelah harga rempah-rempah anjlok (di akhir abad kesembilanbelas), tenaga kerja manusia menjadi produk ekspor utama. Terutama melibatkan komunitas kristen. Orang Ambon, atau Maluku yg akan disebut kemudian, dipekerjakan di seluruh Hindia-Belanda sebagai pegawai negeri, guru, asisten pendeta atau prajurit tentara Hindia Belanda (KNIL). Maluku dalam KNIL memegang posisi istimewa untuk waktu yang lama. Mereka berjuang bersama Belanda melawan Jepang selama Perang Dunia II. selama perang mempertahankan kemerdekaan banyak orang maluku yg bergabung dengan KNIL.
Setelah penyerahan kedaulatan, KNIL dibubarkan. Para prajurit Maluku ditawari pilihan antara pemindahan tempat atau bergabung dengan tentara Indonesia yang baru. Beberapa memilih pilihan yang terakhir, sementara yang lain menolak untuk membuat pilihan. sekitar 12.500 orang Maluku tiba di Belanda pada tahun 1951. Kedatangan mereka adalah solusi sementara untuk masalah-masalah politik di Indonesia yang berkembang setelah penyerahan kedaulatan dan pembubaran tentara kolonial Belanda (KNIL).
karena diperkirakan hanya sementara, orang2 Maluku diberi tempat tinggal di kamp-kamp terpencil. Namun ternyata, pengembalian ke Indonesia terbukti tidak mungkin. Dari tahun 1956 dan seterusnya, Belanda membuat kebijakan yang ditujukan untuk pengintegrasian komunitas maluku: Aturan swadaya/The self-support rule diperkenalkan dan kawasan baru dibangun untuk komunitas Maluku.
KNIL Ambon di Belanda
Tahun 1960-an dan 1970-an merupakan masa-masa radikal. Kasus pembajakan yang terjadi menyebabkan banyak ketegangan antara komunitas masyarakat Maluku dan Belanda. Pada 1980-an, fokus bergeser terhadap isu-isu sosial seperti pekerjaan, kesejahteraan dan pendidikan.
Selama beberapa dekade terakhir, semakin banyak Maluku sudah mulai mengunjungi daerah asalnya Maluku. Ini telah memberikan dorongan baru bagi pengalaman tradisi Maluku di Belanda, khususnya di kalangan pemuda generasi ketiga dan keempat.
Setelah beberapa tahun, pemerintah memutuskan bahwa Maluku harus sekarang dapat mendukung dirinya secara finansial. Pada saat itu, banyak dari mereka yang sudah bekerja, kebanyakan di pabrik-pabrik. Aturan swadaya didirikan pada tahun 1956. Aturan tersebut menyatakan bahwa orang harus mampu menghidupi diri sendiri. Hanya jika ini tidak berhasil, pemerintah akan memberikan dukungan.
De Kemp
Salah satu simbol dari aturan swadaya adalah dapur individu yang mengambil alih tempat dapur umum. Masyarakat Maluku meluncurkan protes keras terhadap aturan swadaya. Mereka menganggap pemerintah bertanggung jawab atas kehadiran mereka, dan dengan demikian juga untuk biaya yang dihasilkan.
Pada akhir 1950-an, pemerintah memutuskan bahwa masyarakat Maluku harus mengintegrasikan lebih penuh ke dalam masyarakat Belanda. opsi kembali ke Maluku tidak lagi diharapkan.
Bagian dari kebijakan baru ini memindahkan komunitas Maluku dari kamp ke bangsal baru. Integrasi Maluku adalah untuk mengambil tempat dalam kelompok. Bangsal dibangun di desa-desa dan kota, sehingga memungkinkan untuk kontak lebih lanjut antara Maluku dan Belanda. Appingedam Maluku adalah bangsal pertama yang selesai. Lebih dari enam puluh bangsal adalah untuk mengikuti tahun-tahun berikutnya. Menutup kamp-kamp memang tanpa masalah berarti, namun, dan mengambil waktu lebih lama daripada diperkirakan.
Protes Di Depan Kedutaan Indonesia
Pertempuran masih berlangsung di Maluku sampai dengan tahun 1960 oleh Republik Maluku Selatan (RMS), dipimpin oleh presidennya dr. Chr. R.S. Robbert Steven Soumokil, Esq. Dia ditangkap pada tahun 1963 oleh tentara Indonesia. Setelah eksekusi pada tahun 1966, J.A. Manusama B.Sc. mendirikan pemerintahan di pengasingan dan berhasil menggantikan Soumokil sebagai presiden.
Pelaksanaan eksekusi Robbert Steven Soumokil pada tahun 1966 menyebabkan tindakan kekerasan pertama oleh pemuda Maluku di Belanda, yang membakar kedutaan besar Indonesia di Den Haag. protes Lebih lanjut dalam pertempuran untuk kemerdekaan RMS (Republik Maluku Selatan) pun terjadi di tahun-tahun berikutnya.Paling dikenal adalah pendudukan kediaman duta besar Indonesia di Wassenaar pada tahun 1970, dan pembajakan kereta api di dekat Wijster pada tahun 1975 dan De Punt pada tahun 1977. Protes ini meninggalkan luka mendalam di Belanda dan masyarakat Maluku .

Protes di depan kedutaan Indonesia
Menurut pemerintah Belanda, protes kekerasan tahun 1970-an adalah sebuah ekspresi dari ketidakpuasan tentang rendahnya posisi dari komunitas Maluku di masyarakat Belanda. Dalam tahun-tahun berikutnya langkah-langkah diambil untuk mengatasi masalah-masalah sosial. Beberapa lembaga Maluku juga didirikan.Pada awal 1980, negosiasi dimulai antara pemerintah dan Badan Persatuan (BP), organisasi terbesar Maluku. Negosiasi ini akhirnya menyebabkan “Pernyataan Bersama” yang ditandatangani pada tahun 1986 oleh Perdana Menteri dan Pendeta Metiarij Lubbers, Ketua BP. Generasi pertama orang maliku diberi medali peringatan dan tunjangan tahunan. Pengangguran, penyalahgunaan narkoba dan masalah perumahan yang dibahas dan diatasi. Landasan dari Maluku Historical Museum juga dimungkinkan.
Karena banyak orang Maluku ‘tidak mempunyai negara’, mereka tidak dalam posisi untuk bepergian ke Maluku selama bertahun-tahun. Situasi ini mulai membaik pada tahun 1980: meningkatnya jumlah orang Maluku mulai mengunjungi Maluku, dan terutama desa-desa di mana mereka berasal. Di sana mereka menemui budaya Maluku yang telah melalui begitu banyak perubahan dalam lima puluh tahun terakhir. Ini merupakan suatu pengalaman tersendiri dalam tradisi Maluku di Belanda.
Hubungan antara Maluku di sana-sini tetap kuat. Berbagai proyek telah dimulai untuk membantu desa-desa setempat dengan membangun sekolah atau dengan membangun sarana air. Ketika perang saudara pecah di Maluku pada tahun 1999, inisiatif bantuan tak terhitung dimulai di Belanda.
amyaldo.blogdetik.com

3 komentar:

  1. Opa berasal dari maluku saparua dengan pilihan masuk KNIL sekitar th 1930 dan setelah kemerdekaan RI masuk menjadi TNI sampai pensiun th 1964.saudara2 beliau memilih ke menjadi warga Belanda.setiap orang punya pilihan masing2..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia om waktu itu ada sekitar 5000 tentara KNIL yg berangkat ke belanda

      Hapus