Profil Kabupaten Kepulauan Aru

Kabupaten kepulauan Aru beribukota di Dobo ini memiliki luas wilayah keseluruhan 6.325 Km2. Secara geografis terletak di 5o-8o LU dan antara 133,5o-136,5o BT terbagi menjadi 3 Kecamatan yang berbatasan langsung dengan Laut Aru di sebelah utara dan timur, Laut Arafura di sebelah selatan dan barat. Dobo selain menjadi ibukota Kabupaten Kepulauan Aru ini menjadi pusat perdagangan. Ramainya perniagaan di Dobo ini adalah efek langsung dari kejayaan mutiara yang banyak diekspor ke luar negeri, mutiara-mutiara yang dikenal sebagai Dobo pearl . Produksi daerah ini telah meningkatkan pendapatan penduduk dan mengubah Dobo menjadi pasar yanng potensial. Mutiara Dobo yang umumnya diproduksi dengan campur tangan manusia dibudidayakan di Kecamatan pulau-pulau Aru dan Aru Tengah. Mutiara budi daya berbeda dengan mutiara yang dihasilkan secara alami tanpa campur tangan manusia. Bentuk mutiara hasil budi daya lebih sempurna, lebih bulat dengan harga satu butir yang berkkulaitas unggul Rp. 1 Juta dan jika kualitasnya rendah harganya Rp.300 ribu per butir. Wilayah paling selatan, Kecamatan Aru Selatan tidak memiliki mutiara sebagai andalan. Namun, kecamatan ini punya keunikan tersendiri. Dua pulau kecamatan ini, Pulau Eno dan Pulau Karang tercatat dilindungi sebagai tempat penyu hijau bertelur. Selain penyu hijau, di daerah paling selatan ini juga masih memiliki burung cendrawasih.
Pertanian dan perkebunan di daerah ini hanya beberapa jenis tanaman yang dipelihara oleh masyarakat misalnya kelapa dan sagu. Dengan kondisi tanah yang landai dan tidak terlalu tinggi, pemerintah Kabupaten akan mencari jenis tanaman lain yang sesuai, mudah dikembangkan, serta menghasilkan komoditas yang nilai jualnya dapat menigkatkan kesejahteraan petani.

Sumber Data: -
Updated: 16-6-2011

4 komentar:

  1. terima kasih, aku semakin mengenal daerah yang merupakan bagian dari NKRI tercinta yang ternyata sangat potensial, mari kita terus bina kesatuan untuk kesejahteraan seluruh bangsa Indonesia. Merdeka!!!

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. ia sama2 jg krn telah mengunjuki blog saya.Merdeka..!!

    BalasHapus
  4. ARtikelnya sangat bermanfaat.......
    kalau bisa silahkan mampir di gubuk ane

    anak-aru blogspot.com

    BalasHapus